Mengenai Saya

Selamat Datang Di Otakkomputer. Saya adalah seorang tenaga IT dan Web master di salah satu Rumah Sakit pemerintah di Jakarta timur. kecintaan saya pada dunia Komputer membuat saya haus untuk mempelajari lebih dalam tentang mesin yang satu ini yaitu Komputer, Blog ini saya dedikasikan untuk Putri pertamaku Aqila Mufidah dan Istriku Dahlia
gravatar

Membuat Kata ulang otomatis di Ms.Word

Dalam menulis laporan, skripsi, thesis dan lainnya, tidak jarang kita menjumpai kata ulang. Misalnya : kata-kata, kapan-kapan, sekali-sekali dan sebagainya. Microsoft Word, karena direkayasa dalam bahasa Inggris, sehingga tidak mengenal tata bahasa Indonesia. Bagaimana kita menyiasatinya agar ada fasilitas kata ulang di dalamnya? Visual Basic Editor jawabannya.

Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis kata. Salah satunya adalah kata ulang. Pokok pembahasan kita di sini adalah berupa kata yang mempunyai perulangan sama, seperti kata-kata, makan-makan, duduk-duduk, kuda-kuda dan sebagainya. Jadi kata ulang seperti qarna-warni, kelap-kelip, di luar materi ini.

Ketika kita mengetik laporan, skripsi, thesis dan lainnya, tidak jarang kita menjumpai kata ulang tersebut. Microsoft word, sebagai salah satu software pengolah kata, tidak menyediakan fasilitas khusus untuk pembuat kata ulang. Karena software yang dipakai sebagian besar masyarakat Indonesia, direkaya menggunakan bahasa Inggris. Sementara dalam bahasa Inggris tidak dikenal kata ulang. Misal gelas-gelas (glasses), orang-orang (peoples), dan sebagainya. Sehingga secara khusus tidak disediakan fasilitas untuk kata ulang.

Microsoft Word menyediakan fasilitas (tools), yang bisa kita gunakan untuk mengkonfigurasi sendiri fasilitas-fasilitas yang tidak ada, sesuai dengan kebutuhan kita. Visual Basic Editor, atau sering disebut VB Editor, merupakan fasilitas dari Microsoft word yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, yang tidak disediakan.
Materi ini juga bisa di download di sini.

Download materi lengkap di sini.